Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti Kata Tafadhol dan Contoh Penggunaannya

Tafadhol merupakan kata Populer bahasa arab yang setiap hari diucapkan di Indonesia, Tetapi tahukah kita Arti tafadhol dan cara penggunaannya yang baik dan benar ?

Arti kata Tafadhol

Tafadhol / تفضّل ( dibaca Tafaddol) diartikan dengan kata, Silahkan. Atau kata Untuk memerintah seseorang dengan lembut. Contohnya : Tafaddhol ijlis yaa Ustadz / تفضل اجْلِسْ يا استاذ yang berarti silahkan duduk wahai guru.

Contoh Kata diatas, berbentuk perintah, tetapi sangat lembut karena disertakan kata Tafadhol. Tetapi jika kata tafadhol dihilangkan, menjadi Ijlis ya ustadz, Maka kalimat tersebut kehilangan unsur kesopanannya, dan 'seakan akan' menganggap lawan bicara lebih rendah statusnya.

Baca Juga : 10 Cara mengucapkan Terimakasih dalam Bahasa Arab
                    Arti Kata Syukron dan Contoh penggunannya

Contoh Penggunaan di Indonesia

- Tafadhol merupakan kata yang populer di Indonesia, Jika seorang ustadz atau penceramah akan naik ke panggung, biasanya ada yang mengatakan tafaddhol ustadz.

- Contoh lain, ketika ada undangan hajatan atau ketika akan menyantap makanan. Si Tuan rumah akan mengatakan Tafadhol sebagai isyarat untuk bolehnya memulai menyantap makanan.

- Biasanya kata Tafadhol juga ditambahkan kata Masykuuro , menjadi 'Tafadhol masykuro' / تفضل مشكورا yang diartikan 'dipersilahkan dengan segala hormat'

Terimakasih Sudah berkunjung, jika ada pertanyaan tinggalkan di kolom komentar ya..

Belum ada Komentar untuk "Arti Kata Tafadhol dan Contoh Penggunaannya"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel