Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti kata Hijrah dalam Bahasa Arab dan Islam + Penjelasan

Apa arti kata Hijrah yang sering dipakai anak Muda islami saat ini? Sebenarnya kata hijrah sendiri sudah ada sejak zaman Nabi dulu, Penasaran kan? Yuk simak arti Hijrah yang sebenarnya.
--
Sering kali kita dengar kata hijrah diucapkan oleh anak remaja kala ini, terutama bagi mereka yang mengatakan tidak ingin berpacaran, Atau bagi mereka yang tiba tiba berhijab,  sebenarnya apa itu Hijrah?

Arti kata Hijrah


هِجْرَة Hijrah 
dalam bahasa arab berarti pindah dari suatu tempat yang baik, ke tempat yang lebih baik.
Atau sering diidentikkan dengan pindah dari tempat yang buruk ke tempat yang baik. (walaupun saya tidak setuju dengan arti yang ini).

Sedangkan dalam arti singkatnya/ secara kamus bahasa arab, Hijrah berarti Pindah atau Meninggalkan. (Yang secara Ilmu sharaf berasal dari kata Haajara-Yuhaajiru-Hijrotan (dibaca Hijroh jika dimatikan huruf belakang))

Sedangkan yang lain ada juga berpendapat bahwa Hijrah ber-asal dari kata الهاجرة (Al Haajiroh) yaitu sesuatu yang keras, karena menurut definisi awalnya, seseorang yang hijrah itu pergi dari tempat yang keras(penuh rintangan)

Istilah hijrah pertama kali digunakan oleh Nabi Muhammad, yang kala itu hijrah(pindah) dari makkah ke madinah. Hal ini sesuai dengan pernyataan situs berbagi ilmu wikipedia.

Dalam wikipedia indonesia, Sudah tertera artikel Hijrah (https://id.wikipedia.org/wiki/Hijrah) . Di situ Hijrah diartikan sebagai Perpindahan Nabi dari makkah ke madinah pada bulan Juni tahun 622 Masehi.

Arti Hijrah
Illustrasi hijrah

Ada juga yang mengatakan Hijrah adalah Proses memperbaiki diri. Itu juga tidak salah, karena seperti yang disebutkan diatas, Poin penting dari hijrah ialah pindah ke sesuatu yang lebih baik

Sedangkan مهاجرMuhajir adalah orang yang Hijrah. Jadi kalau ada temen yang namanya muhajir, udah tau artinya yaa.

Hijrah dalam Istilah Masa Kini / Modern


Sering hashtag Twitter atau instagram menyebut #YukHijrah, atau #BeraniHijrah dengan Foto berbusana muslim, atau Caption Islami.

Hijrah dalam istilah modern bisa diartikan berbagai macam, diantaranya Pindahnya seseorang dari agama lain ke agama islam (Hijrah agama / muallaf)

Hijrah Bisa juga disebut sebagai pindah / berubahnya perilaku seseorang, dari yang awalnya tidak mau atau jarang melakukan perintah agama islam, kemudian menjadi rajin. Dari yang kasar dan mudah marah menjadi ramah dan sabar, dari yang tidak berhijab menjadi berhijab.

Semua itu adalah contoh kecil dari Pengertian Hijrah. Dan Contoh tersebut mungkin sangat dekat dalam kehidupan kita, atau bahkan kita alami sendiri. Setelah Hijrah, maka tahapan selanjutnya adalah Istiqomah.

Kalau ada yang mau bertanya seputar hijrah, sebutkan aja dikomentar. Insya Allah dijawab secepatnya.

Belum ada Komentar untuk "Arti kata Hijrah dalam Bahasa Arab dan Islam + Penjelasan"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel