Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Banmal vs Jondaemal Bahasa korea (Formal dan Informal)

Huft, akhirnya Request Artikel tentang Formal dan Informal dalam bahasa korea Selesai Juga. Banmal vs Jondaemal ini engga susah kok, Rumusnya tinggal tambah dan kurang saja. Yuk Simak!.

Bahasa Korea Formal / Jondaemal 존댓말


Sebenarnya sudah saya bahas secara umum dalam artikel : Formal dan Informal, Kapan Harus digunakan?. (Silahkan rujuk ke artikel dengan klik)

Dalam artikel tersebut sudah meliputi Kapan penggunaan Formal dan informal dalam penggunaan Setiap bahasa. Tetapi contoh dalam bahasa korea, akan saya jelaskan di bawah.

Mengatakan Aku


나는 선생님이다 / Naneun Soensaengnim-ida = Aku ini Guru (Informal)
나는 선생님이야 / Naneun Soensangnim-iya = Aku ini Guru (Informal)
(저는 선생님이에요 / Joneun Soensangnim-ieyo = Saya ini Guru (Formal)

Na-neun digunakan untuk situasi kasual,santai ataupun informal . Sedangkan Jo-neun digunakan untuk situasi Formal/Resmi.

Akhiran Yo dan Imnida


아니 / Ani  = Tidak (Informal)
아니야 / Aniya = Tidak (Informal)
아니요 / Aniyo = Tidak (Formal)

고마워 / Gumawo = Terimakasih (Informal)
감사해요 / Gamsaheyo = Terimakasih (Formal)
감사합니다 / Gamsahamnida = Terimakasih (Formal)

Yuk diingat : -Yo itu formal, tetapi imnida lebih formal lagi.

Baca Juga : Arti kata Aniyo dan Opso Bahasa Korea dan Contohnya
                    Arti Gomawo, Gumapda, Gomapseumnida
                    Arti Gamsahamnida dan Contohnya

Sekarang setelah melihat contoh diatas, kita bisa simpulkan bahwa kalimat Formal/Resmi/Sopan itu mempunyai kata JO diawal untuk menyatakan 'Aku', Serta mempunyai akhiran Yo, dan imnida dibelakang.

Memanggil Orang lain


Menggunakan Akhiran -Ssi (씨) setelah nama. Contoh : Yuri-ssi  = Nona yuri.
Menggunakan Akhiran -Nim (님) setelah nama. Contoh Daeri Nim =  Staff (perusahaan), Sonsaengnim = Guru

Baca Juga :  20 Pangkat Pekerjaan Bahasa korea (Sajang, Bujangnim, dll)

Bahasa Korea Informal / Banmal 반말


Sebagian besar contoh seperti mengatakan Aku menggunakan Na atau Naneun sudah dituliskan diatas. Ataupun penggunaan akhiran Ya dan tanpa akhiran juga sudah dituliskan diatas.

Bisa disimpulkan melalui contoh diatas, kata Na a untuk menyatakan diri sendiri adalah banmal dan menggunakan akhiran Ya ataupun tanpa akhiran dalam kalimat tertentu juga termasuk banmal.

Contoh lain Banmal 반말:

나는 행복해 / Naneun Haengbuk-Hae = Aku bahagia/senang (Informal)
나는 안 행복해 / Naneun An Haengbuk-Hae = Aku tidak bahagia (Informal)

나는 한국어를 말하다 / Naneun Hangugeu-reul Malhada = Aku bisa bicara bahasa korea
야... / Ya... = Woi... Hei....

Memanggil orang lain


- Menggunakan Nama saja tanpa tambahan lain.
- Menggunakan akhiran  -Ya dibelakang nama. Contoh: 승기 야.. / Seunggi-ya

Closing Banmal vs Jondaemal

Emang sih, masih banyak lagi yang harus kalian tau tentang Banmal dan Jondaemal bahasa korea. Tetapi kayanya ini super cukup untuk bisa berbahasa korea sehari hari.

Sisanya sih bisa kalian pelajari seiring berjalannya waktu, tetapi kalau emang pengen bisa bahasa korea, dasar ini jangan dilupain ya.

Belum ada Komentar untuk "Banmal vs Jondaemal Bahasa korea (Formal dan Informal)"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel