Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Perbedaan Manga, Manhwa, Manhua, Komik dan Comic

Sering baca komik? Lalu kenapa terkadang komik disebut manga, manhua, atau manhwa? Apa sih perbedaannya, Yuk simak arti manga dan teman temannya disini.!

Kita tau, secara umum 5 kata diatas, seluruhnya disebut komik di Indonesia. Karena pengertian komik sendiri adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik sering mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan. [1]

Singkatnya menurut gue, komik adalah gambar dengan teks cerita.

BTW, gue suka banget baca komik, mungkin udah lebih dari 100 judul yang gue baca dari yang bagus ampe yang buruk.. #GA NANYA WOI

Pengertian manga, manhwa, manhwa, Komik dan Comic


Manga adalah Komik yang berasal dari Negara Jepang, Cara pembacaan manganya dari kanan ke kiri (seperti bahasa arab). Biasanya sangat jarang gue temuin manga baru dan berwarna. Tetapi jika sudah mencapai penjualan tinggi, manga terkadang diwarnai bahkan dijadikan Anime ber-episode..

Tetapi jika sebuah judul manga sudah diterbitkan di Indonesia (berbentuk buku) maka editor akan membuat manga bisa dibaca dari kiri ke kanan, (sama seperti Bahasa indonesia pada umumnya) agar pembaca Indonesia tak kebingungan.



Manhwa adalah komik dari negara Korea, cara membacanya dari kiri ke kanan, kebanyakan genre dari manhwa itu Romance dan comedy (74%) , game, teknologi dan fantasi(21%) , genre lain sisanya.

Manhwa dikenal Total dalam menerbitkan komik, karena mereka punya latihan di perusahaan serta punya jadwal Update yang teratur (deadline) dan pewarnaan yang mewah.

Apa perbedaan Manhwa dan Webtoon

Terkadang manhwa juga disebut Webtoon yang artinya kartun website, padahal Webtoon itu hanyalah sebuah aplikasi yang menampung manhwa,.Tetapi penyalahgunaan ini pun sering digunakan masyarakat korea sendiri. (mereka jarang menyebut manhwa, melainkan webtoon)

Sekarang Manhwa bisa dibaca Legal dan gratis dengan mendownload aplikasi webtoon di Google Playstore.

Manhua adalah Komik dari China. Cara membacanya tetap sama dari kiri ke kanan. Genrenya sering banget fantasi atau isekai(reinkarnasi) yang dicampur unsur komedi dan romance di dalamnya.

Komik adalah Komik? yang berasal dari Indonesia. Kalau kita pergi keluar negeri atau sekadar berkunjung ke website baca komik luar negeri, mereka akan melabeli komik indonesia dengan Komik, bukan Comic, manga atau manhwa dll.

Komik indonesia kebanyakan unsur komedi, sangat jarang ditemukan fantasi, dan akhir akhir ini genre romance sudah mulai berkembang juga.

Comic adalah sebutan bagi Komik yang berasal dari Eropa (kebanyakan diterbitkan di amerika) Comic ini judulnya udah banyak banget, udah ga bisa dihitung lagi. Paling yang kita kenal itu beberapa judul yang diangkat ke layar kaca, seperti Series Marvel : X Man, Spiderman, Antman dan sebagainya.

Oh ia, comic banyak unsur dewasa di dalamnya, tak terkecuali series marvel diatas, engga bagus buat anak dibawah umur.

Perbedaan dan persamaan Manga dan Manhua dll, SECARA Singkat 


Manga : Dari jepang, jarang berwarna, kemungkinan dijadikan Video tinggi /episode anime

Manhwa: dari korea, selalu berwarna, Terkadang dijadikan Drama.(jika sangat terkenal)

Manhua : Dari China, selalu berwarna, jarang dijadikan video (harapan kecil).

Komik : Dari Indonesia, jarang berwarna, terkadang dijadikan film (contoh: Gundala putra petir)

Comic : Dari Eropa (mostly america). Jarang berwarna, sering dijadikan film (contoh: Marvel dan avenger prekuel)

Ada yang kurang ? Atau.. ada yang pengen nambahin poin penting yang mungkin gue lupa, Yuk ramekan kolom komentar...

[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Komik

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Manga, Manhwa, Manhua, Komik dan Comic"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel