Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti Kata Daebak Bahasa Korea dan Contoh Penggunaannya

Daebak itu seperti kata wajib yang harus diucapkan orang korea, karena orang korea itu sangat ekspresif, dan mudah untuk memberikan reaksi pada sesuatu. emm, sebelumnya baca sampai habis ya, biar ngga gagal faham, cuma sikit kokk :)

Arti Kata Daebak


Daebak jika diartikan secara sederhana artinya luar biasa. Lalu darimana asal katanya dan apa pula arti asalnya?

Kalau kita melihat dari asal katanya, Daebak itu bisa dipisah menjadi Dae - Bak , Dae(대) itu artinya besar, sedangkan Bak(박) berasal dari kata hobak (호박) yang berarti labu manis . Jadi daebak bisa diartikan artikan sebagai Labu manis yang besar.

Nah, dalam kepercayaan masyarakat tradisional korea, Labu manis itu melambangkan Keberuntungan, atau kemujuran. Maka dari itu ada sebagian orang mengatakan daebak jika mendapatkan keberuntungan yang besar.

Sedangkan menurut kamus bahasa korea, Daebak adalah 大박 "어떤 일이 크게 이루어짐을 비유적으로 이르는 말 / Eotteon ili keuge ilueojimeul biyujeogeullu ileuneun mal. artinya "Sebuah kata Metafora (kiasan) tentang suatu kejadian yang terjadi." [1]

Misalnya jika ada teman kita yang sekarang sudah sukses, kita bisa mengatakan daebak dan seterusnya...

Tetapi , dalam istilah modern, daebak mengalami perubahan arti dan penggunaan. Daebak tidak saja digunakan ketika mendapat kemujuran, tetapi digunakan sebagai Ekspresi atau Reaksi 'Terkejut', baik itu ketika melihat sesuatu yang baik ataupun buruk.

Daebak di abad modern sering diartikan Great atau Luar biasa . Contoh kalimat yang sering kita temui ialah : 너무 대박이다 No-mu Dae-bak-ida : Nomu Daebakida  Artinya Sungguh Luar biasa (Really Great).

Contoh: 한철이 너무 대박이다  / Hyun Chuli nomu daebakida  / Hyun chul sangat luar biasa.

Menurut admin sih, antara omo dan daebak memiliki arti yang hampir sama, cuma kata daebak ini lebih 'membekas atau lebih dalam' terkejutnya.

Oh ia, kan sering juga dengar kata Daebak Sagon (대박 사건) , itu bisa 'berarti sesuatu yang besar telah terjadi, atau biasa diartikan juga dengan 'tidak bisa dipercaya (unbeliavable)'

Oke deh, segitu dulu ya teman. Semoga membantu yak :D , Jangan lupa juga buat support blog ini biar tetap eksis dan tetap update!

Sumber :[1] http://blog.daum.net/_blog/BlogTypeView.do?blogid=0EU3q&articleno=11301884&categoryId=631092&regdt=20140319060000

2 Komentar untuk "Arti Kata Daebak Bahasa Korea dan Contoh Penggunaannya"

  1. Min, kalo 대한민국 / daehan mingug itu . Kata dae-nya artinya besar juga kah?, kata daesang apa gitu juga? dibalas ya min

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, 대 / Dae artinya besar, han 한 artinya korea, min= orang , gug = bangsa.

      Daesang gitu juga, udah pernah dijelasin sebelumnya Disini

      Hapus
Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel