Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

3 Kata Sumpah (Wallahi,Billahi,Tallahi) Arti dan Tulisannya

Arti Kata Wallahi, Billahi dan Tallahi dalam Bahasa Arab serta Tulisan arabnya dan Sedikit penjelasanyang mudah"an membuat kita faham.

Sedikit Ilmu tentang Wallahi,Billahi,Tallahi :)


Dalam Ilmu Bahasa arab, ada 3 huruf yang berfungsi sebagai Sumpah, yaitu Wau, Ta, dan Ba . Jika ketiga huruf ini berada didepan subjek tertentu, maka akan berfungsi sebagai Huruf sumpah dan kalimat sumpah.

Arti Wallahi

Contoh : 

وَاللّٰهِ / Wallahi =  Demi Allah
وَالشَّمْسِ / Wassyamsi  = Demi Matahari
وَالْفَجْرِ / Wal Fajri = Demi waktu Fajar
بِاللّٰهِ Billahi = Demi Allah
تَاللَّهِ / Tallahi = Demi Allah

Penggunaan Wallahi di Indonesia


Ya, di Indonesia jarang sekali Billahi dan Tallahi digunakan sebagai kata sumpah, Tetapi saya sering mendengar kata Wallahi disebutkan ketika seseorang bersumpah.

Wallahi, bukan gue yang ambil duit lo.
Wallahi, Gue dengar dari pak ilyas kalau beasiswa lu diterima.
Wallahi, kalau nanti gaji gue 1 milyar lebih per bulan pastilah gue beliin lo rumah.

Catatan Tambahan : Jika dalam pelajaran bahasa arab atau Nahwu (tata bahasa arab), BAB pelajaran ini dinamakan Aqsam al-ahruf (huruf huruf sumpah). Jadi yg ingin belajar lebih lanjut tentang 3 huruf diatas, bisa searching lebih lanjut di google tentang huruf Aqsam atau Huruf Qosam.

Karena tentu saja, penjelasan saya ini saaaangatttt ringkas dan cuma secara umum saja. Okelah, mudah mudahan mengerti tentang kata Wallahi, billahi, Tallahi ini. Akhir kata ... Assalamualaikum.

Belum ada Komentar untuk "3 Kata Sumpah (Wallahi,Billahi,Tallahi) Arti dan Tulisannya"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel