Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti Kata Gomawo, Gomapta, Gomapseumnida

Arti gomawo, gomapta, dan gomapseumnida dalam bahasa korea atau Cara mudah berterimakasih dalam Bahasa korea. Sering banget didengar, tetapi belum dapet feelnya. Yuk langsung ke penjelasan!

Arti Gomawo / Terimakasih Bahasa Korea


Ketiga kata diatas Gomawo, gomapta dan gomapseumnida punya Arti yang Sama, yaitu terimakasih. tetapi tentu dengan penggunaan yang berbeda.

Berterimakasih dalam budaya bahasa korea itu sangat  sering digunakan. Bahkan dalam hal yang paling kecil pun mereka mudah berterimakasih, apalagi yang membantu mereka itu orang asing atau yang tak dikenal.

Arti Gumawo


Gomawo (고마워) itu kata informal karena tidak punya embel embel honorable (penghormatan) seperti akhiran yo. Kalau ingin mengubahnya menjadi formal, gunakan saja gomawoyo

고마워요 선생님 Gomawoyo sonsaengnim - terimakasih guru
걱정 해줘서 고마워요 kogchonghaesoso gumawoyo - terimakasih telah mengkhawatirkanku

Digunakan kepada teman, orang yang dekat dengan kita (guru, orangtua, kakak,) tetapi tambahkan akhiran -yo dibilakang. atau digunakan pada orang yang seumuran.


Arti Gomapta


Gomapta artinya sama, yaitu Terimakasih, tetapi dalam bentuk Pernyataan. Tak jauh beda sebenarnya dengan gomawo, tetapi kesannya kata gomapta lebih serius dan lebih tulus, karena ada akhiran  pernyataan

고맙다 친구야 Gomapta Chingguya - Terimakasih teman

Penggunaan gomapta hanya untuk orang orang yang seumuran, tidak ada istilah gomapta-yo dalam bahasa korea. Ingat ya!

Arti Gomapseumnida


Gomapseumnida (고맙습니다) adalah kata terimakasih dengan bentuk Super formal, karena diakhiri dengan akhiran -Imnida. Tentu karena akhiran tersebut, digunakan untuk Sangat berterimakasih pada orang lain.

Contoh Kalimat Gomapesumnida :

행복하게 해줘서 고맙습니다 - Haengboeghage haejwoseo gomapsemnida - Terimakasih selama ini telah membuatku bahagia. (Biasanya diucapkan pas mau cerai atau dihari anniv pernikahan /pacaran ) Atau kalimat yang mirip

우리의 인생을 더욱 행복하게 해줘서 고맙습니다 - Urieu insaengel deoug Haengboeghage haejwoseo gomapsemnida - Terimakasih karena telah membuat hidupku (kita) bahagia

Eits, ada juga Cara berterimakasih dalam Bahasa korea lainnya, yaitu menggunakan kalimat Gamsahamnida, yang sudah dibahas juga di artikel sebelumnya.

Keduanya (Gomapseumnida, gamsahamnida) Digunakan pada semua umur. karena orang yang berjasa atau punya dampak besar pada hidup kita bisa jadi orang yang lebih muda, seumuran atau lebih tua.

Gue sendiri lebih nyaman sebenarnya mentransliterasikan kata gomawo dengan gumawo, karena diucapkan gumawo tetapi dituliskan di hangul gomawo. Kalau kalian?

NB :Artikel Gomawo, gomapta, gomapseumnida terakhir di Update : 30 Agustus, 2019.

Belum ada Komentar untuk "Arti Kata Gomawo, Gomapta, Gomapseumnida"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel