Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti kata Ghibah dan Ghibah di Zaman Modern

Apa itu Ghibah? Kata yang sering digunakan sebagai content youtuber gaul dan instagram. Sebenarnya apa arti Ghibah yang benar?

Pengertian Ghibah


Sering muncul kutipan anonim (tanpa nama) dari masyarakat kita, Bahwa 'Jangan ceritain orang, kalau salah itu namanya fitnah, kalau benar itu namanya ghibah, lebih baik Diam'

Dari perkataan diatas sebenarnya sudah bisa didapat bahwa الغِيبة  ghibah adalah menceritakan 'Keburukan' ataupun kesialan orang lain.

Ghibah ia disebut bahasa arab, Rumour dalam bahasa inggris, Ngerasani dalam bahasa jawa, 소문(Somun) dalam bahasa korea, serta Gosip dalam bahasa indonesia

Ghibah zaman modern


Arti ghibah

Sekarang ghibah tidak lagi diceritakan melalui mulut ke mulut seperti halnya dulu, sekarang ghibah sudah muncul di Televisi (ak.a Gosip) dan sering juga dijadikan konten oleh youtuber saat ini untuk mencari viewers.

Dan tentu saja, konten seperti ini sangat banyak peminatnya, karena pada dasarnya manusia punya rasa ingin tahu yang luar biasa tentang hal diluar kehidupannya (ilmu psikologi).

Banyak juga kan akun instagram ghibah yang punya penghasilan puluhan juta per bulan? itu juga membuktikan bahwa peminat ghibah itu bukan hanya ada, tetapi banyak luar biasa.

Baca juga : 



Bagaimana ghibah menurut islam


Karena ini blog bahasa, bukan blog agama. saya akan berikan satu dalil Qur'an tentang perumpaan orang yang melakukan ghibah.

وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Wala Tajassasuu wala yaghtib ba'dhukum ba'dhon ayuhibbu ahadukum ayya'kula lahma akhiihi maytan fakarihtumuuhu wattaqullaha innallaha tawwaaburrahiim.

Artinya : Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang. (Al hujurat ayat 12)

Ghibah dalam agama islam juga membuat perpindahan dosa. contohnya saya menjelekkan si A, maka pahala saya ditransfer kepada si A, jika saya tidak punya pahala, maka dosa si A yang ditransfer ke saya (fahamkan?)

Tetapi dalam islam sendiri, ghibah itu dibolehkan dengan syarat syarat tertentu, seperti persaksian di depan hakim pengadilan, dan lain lain,

Kesimpulan Ghibah


Ghibah masih ada selama masih ada yang mendengar. Kalau aja acara tv gosip gaada yang nonton. Apa masih mau mereka buat acara tersebut?. Mohon share, mudah"an setiap org yang membaca anda mendapatkan pahala.

Belum ada Komentar untuk "Arti kata Ghibah dan Ghibah di Zaman Modern"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel