Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti Plagiat dan Contoh Plagiarisme dalam game

Apa arti Plagiat secara umum, Bahayanya, serta apa saja contoh Plagiat yang sering dilakukan dan apa pula yang dimaksud plagiat dalam game?

Arti Plagiat


Plagiat atau Plagiarisme adalah Peniruan, dan pengambilan karya orang lain, lalu membuatnya seakan akan itu punya dia.

Dalam bahasa inggris, Pengertian Plagiat istilah berbunyi Plagiarism is the practice of taking someone else's work or ideas and passing them off as one's own. . 

Plagiat atau Plagiarisme adalah Melakukan pengambilan karya, atau ide seseorang. Lalu mengatakan karya dan ide tersebut adalah Punya mereka.

Stop Plagiat


Kita semua juga pernah melakukan plagiat, Contohnya ketika SD ada PR menggambar, kita kan meminta ayah, ibu atau abang untuk menggambar PR kita. Lalu di sekolah kita mengatakan bahwa gambaran tersebut adalah hasil karya sendiri.

Ini adalah contoh bohong sekaligus Plagiat yang sering banget terjadi dari dulu hingga sekarang.

Dalam kasus yang lain, misalnya dalam hak cipta musik, karya, tulisan dan lain sebagainya. Jika ada yang melakukan plagiat, Maka konsekuensinya bisa dipidana atau dihukum dengan denda uang yang tidak sedikit.


Plagiat dalam Game


Sesuai dengan pengertian plagiat diatas, Game itu adalah bagian dari karya seseorang.

Catatan : Gue ga mau menyebut game dibawah sebagai Plagiarisme / Plagiat, melainkan Sebagai mirip , karena kalo ntar gue diciduk, belum punya uang buat nyewa pengacara..

Kemiripan juga terjadi dalam game, Seperti yang kalian Tau Clash Of Clans sangat booming di tahun 2016 dan hampir semua orang yang punya android pada saat itu punya game tersebut.

Dan tak lama kemudian datanglah dengan game dengan Konsep yang hampir sama, yaitu Clash Of Titans dan lain lainnya.

Contoh lain ketika game subway surfers booming dan sering dimainkan, maka game dengan konsep yang sama bermunculan, seperti Temple Run, dan game game lainnya.

Baca Juga :



Mobile legend juga ada kemiripan yang sangat singnifikan dengan game League of Legend, sehingga Moontoon (Perusahaan Mobile legend) dituntut Riot (Perusahaan league of legend) .

Konsepnya sama, menghancurkan Tower, Inhibitor dan nexus turret. Heronya juga hampir hampir mirip. Line nya sama ada 3 . ada jungle dan buff juga, lalu bermain tim 5 versus 5.

Anyway gue juga main League of legend. Game league of legend ini sangat terkenal di Dunia, buktinya dijadikan ajang Lomba di Sea games Indonesia tahun 2018 kemarin, walaupun tim indonesia harus puas diposisi 6 dari 6 tim yang berlaga.

Plagiat dalam game


Kalau dijelasin di video emang lebih enak, soalnya bukan hanya Struktur serta Rasa heronya yang hampir sama, tetapi Skillnya juga ada yang tak jauh berbeda. Mungkin hero league of legend diatas secara badan lebih mirip sama Hylos , karena hylos juga manusia berbadan kuda.

Intinya Plagiat itu terjadi di sekitar kita, dan sebisa mungkin cobalah hindari hal tersebut, karena Ide itu mahal , Plagiat itu lebih buruk dari mencuri, karena mencuri itu langsung ketahuan, tapi plagiat jarang yang ketahuan.

So, hargai ide orang lain. Jika ingin plagiat dan meniru orang lain, sertakan sumber  dan mention mereka di karya karya kalian, dengan begitu kalian pun karya kalian kan diberkahi tukan, dan PASTI didoakan orang yang kalian Plagiati, karena mengingat dan menghargai karya mereka.

Belum ada Komentar untuk "Arti Plagiat dan Contoh Plagiarisme dalam game"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel