Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Arti Muhasabah dan Penjelasannya + Penggunaan Populer

Berikut saya akan menjelaskan pengertian muhasabah dalam bahasa arab (ilmu sharaf) beserta contoh Penggunaan Populernya di Indonesia.

Arti Muhasabah


Muhasabah secara mudahnya diartikan sebagai Introspeksi diri.  Ya, artikel ini selesai... tapi kalau mau nambah wawasan, yuk baca lanjutannya.

Muhasabah jika dijelaskan secara Sharaf (ilmu padanan kata bahasa arab), awal katanya berasal dari kata Hasaba yang artinya menghitung..

Arti Muhasabah


dari kata hasaba tadi, lahir pula kata baru seperti kata hisab yang artinya hitungan. Berikut beberapa contoh kata hisab yang populer seperti.

ilmu Hisab = ilmu Hitungan - seperti letak rukyat dan hilal (memasuki bulan puasa), atau menentukan waktu sholat, imsak, dan lain lain.
Yaumul Hisab  = Hari penghitungan , yaitu istilah agama dimana amal dan dosa kita akan dihitung mana yang lebih berat.

Baca Juga :



Nah, setelah paham arti hasaba dan hisab, maka Apa pula yang dimaksud Muhasabah. ?

Muhasabah secara bahasa artinya Perhitungan. 

Dalam bahasa arabnya, ia berperan sebagai  mashdar, Berikut wazannya dalam Ilmu Sharaf : Haasaba , yuhaasibu Muhaasabah ( حا سب -   يحا سب -  محا سبة )

Jika ditelaah dari sisi kajian bahasa Arab, Maka Kata muhasabah tadi, yang awalnya artinya perhitungan akan berubah maknanya menjadi lebih tajam, Yaitu Memperbanyak menghitung diri.

Menghitung diri disini bisa dalam dua arti. Dalam arti umum, Hitungan tersebut bisa jadi kesalahan terhadap diri sendiri dan orang lain dan memperbaikinya. Arti yang kedua ialah menghitung dosa dosa yang telah dilakukan dan berusaha untuk memperbaikinya dengan tak mengulanginya dan bertaubat.

Contoh penggunaan kata Muhasabah populer


Muhasabah cinta = instropeksi apa saja kelakuan kita yang menyakiti hati pasangan
muhasabah diri = Instropeksi diri, mencari kesalahan diri, lalu memperbaikinya

Muhasabah tentang orang tua = menghitung apa saja kelakukan yang sering kita lakukan sehingga menyinggung hati orang tua.
Muhasabah bulan ramadhan = Merenungi hal hal yang harusnya kita lakukan dan tak boleh kita lakukan di bulan ramadhan (biasanya dilakukan di penghujung romadhon)

Gimana? Malah faham atau pening ? . Perlu diketahui blog ini mengupas penjelasan kata pada tiap bahasa dengan jelas, Bukan dalam pengertian agama atau pengertian para ahli, melainkan murni secara kaidah dan istilah bahasa arab. 

Belum ada Komentar untuk "Arti Muhasabah dan Penjelasannya + Penggunaan Populer"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel