Dukung Blog ini agar tetap eksis dengan cara Donasi Disini :) !!

Copyright - Pengertian, Kegunaan, dan Perlindungan Digital

Copyright dalam berbagai Media Besar. Seperti Copyright Youtube, Blogger, maupun Wattpad. Lalu apa kegunaannya dan adakah hukumannya berdasarkan Undang undang 1945?

Arti Copyright


Copyright berasal dari bahasa inggris yang artinya hak cipta.

Copy artinya salinan, Menjiplak, meniru. Sedangkan Right artinya hak. Seperti halnya arti Right dalam kata Human Right (Hak asasi Manusia)

Dalam istilahnya, Hak cipta atau Copyright adalah Jenis kekayaan intelektual yang memberikan Pencipta asli karya tersebut hak hukum eksklusif untuk menentukan 'apakah karya tersebut dapat disalin dan jika bisa, dalam kondisi apa ia dapat disalin dan digunakan oleh orang lain, Biasanya dalam jangka waktu beberapa tahun saja /terbatas ( Definisi Copyright menurut kamus Merriam webster dan kamus ofxord )



Simbol copyright ditandai dengan huruf C yang dilindungi dalam lingkaran  : © dan ditambahi kata All Rights Reserved yang artinya Hak Cipta dilindungi Undang undang

Kegunaan Copyright


Copyright berguna untuk melindungi sesuatu karya agar tidak dijiplak serta digunakan seenaknya. Baik dijiplak dalam bentuk digital (E-book) ataupun difoto kopi dan diperbanyak tanpa izin orang yang punya karya/

Musik , karya tulis (buku (termasuk buku pelajaran),cerpen,novel) Copyrightnya langsung dilindungi oleh Undang undang dasar. Sebagian besar dari kita pernah mempelajari tentang HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) di sekolah kan?

Undang undang HAKI inilah yang melindungi karya dari berbagai bentuk plagiarisme. Orang yang Plagiat tersebut akan dihukum penjara maksimal tujuh tahun atau denda paling banyak 100 juta rupiah.

Copyright di Dunia Digital


Youtube punya copyright otomatis, Jadi ketika seseorang menggunakan video ataupun musik orang lain tanpa diberikan izin yang punya. Videonya bisa terancam ditakedown (dihapus youtube) dan terancam tak diterima adsense.

Para content creator youtube pun sekarang bisa tidur nyaman, karena sistem youtube selalu ada untuk melindungi konten / video mereka dari Plagiat.

Blogger juga punya copyright, tetapi tidak otomatis mendeteksi seperti youtube. Copyright untuk blogger seperti saya dan teman teman lain ialah DMCA (Digital millenium copyright act) . Jadi siapa yang mencopy artikel tanpa izin dan diketahui oleh pemilik blog. Pemilik blog bisa melaporkan hal tersebut pada DMCA.

Arti Copyright


Blog yang mencopy paste tadi akan diperiksa, Jika memang benar, artikelnya akan dihapus. Dan sanksi yang paling berat Blognya akan dihapus.

Sistem Wattpad juga punya copyright . Hampir sama seperti para blogger, sebenarnya sistem DMCA juga yang melindungi wattpad. maka dari itu jika kita melaporkan pembajakan atau pencurian artikel di wattpad.

Caranya dengan mengklik Report this story / Laporkan cerita ini , Setelah itu kita kan disuruh mengisi formulir nama lengkap,email, telepon dll sama seperti saat melaporkan copyright issues ke DMCA blogger.

Maka dari itu wattpad dikenal sebagai situs terbaik untuk menerbitkan karya bagi para penulis baru. Selain itu wattpad dilengkapi oleh proteksi dari klik kanan (laptop dan pc) serta handphone. Sehingga menjadi langkah awal untuk mencegah plagiarisme

Kesimpulan

Menjiplak, meniru, Menyalin sangatlah mudah di Era internet ini. Tetapi hari demi hari, sistem raksasa seperti google,youtube, juga semakin canggih untuk menilai mana yang menjiplak dan mana yang original.

Selain itu hargailah karya orang lain. Dalam agama, menjiplak dan plagiarisme tentu dosa, karena mengambil punya orang lain tanpa izin. Sedangkan dalam Etika, Termasuk kelakuan buruk yang diyakini akan mendatangkan keburukan untuk diri sendiri nantinya..

Semoga artikel ini menjawab pertanyaan kamu tentang Apa itu Copyright?.

Belum ada Komentar untuk "Copyright - Pengertian, Kegunaan, dan Perlindungan Digital"

Posting Komentar

Admin Akan menghapus Komentar yang berbentuk Promosi, Iklan, ataupun berkata kasar.
Silahkan jika ingin bertanya, bereaksi, atau request kata untuk dijelasin, Admin tidak menggigit

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel